Fakultas Teknologi Informasi
element-element dalam bahasa pemograman

element-element dalam bahasa pemograman

Element-Element dalam Bahasa Pemograman

 

 

Dalam bahasa pemograman kita menjumpai  elemen­ – elemen Bahasa pemograman yang serupa antara satu bahasa dengan Bahasa yang lain, hal  itu di karenakan element tersebut merupakan bagian dari Bahasa pemograman :

  1. Aturan leksisal
  2. Tipe data
  3. Expression
  4. Statement
  5. Function & producure

Pembahasan element element di atas sebagai berikut 

Aturan leksisal

Yang di maksud kan aturan leksisal yaitu aturan aturan tang dipakai Membentuk suatu deklarasi, defenisi, maupun statement hingga menjadi Satu program yang utuh.Aturan ini meliputi beberapa element antara lain:

  1. . Token
  2. . Komentar
  3.  . Identifier
  4.  . Keywords (Reserved Words)
  5.  . Operator

 

 Tipe data

Tipe data digunakan untuk menentukan jenis nilai yang dapat ditampung oleh suatu variable, pada suatu bahasa pemograman umumnya menyediakan tipe-tipe data yang sederhana (atau simple)aatu yang setruktur, kita dapat mendefenisikan sendiri tipe data baru, yang disebut enumerated Type. Berikut adalah tipe data yang terdapat pada Bahasa pascal

 

           

 

 Tipe data di dalam bahasa pemrograman pascal bisa dikelompokkan menjadi berbagai jenis :s.

Expression

yang dimaksud expression (ekpresi) yaitu suatu pernyataan yang menghasilkan susatu nilai, expression tersusun dari operator operand yang digunakan untuk menghitung atau memberi suatu nilai variable atau indetifier. Expression paling sederhana yaitu variable, expression yang lebih kompleks akan melibatkan operator-operator, maupun pemanggilan function atau procedure. Berikut adalah contoh-contoh:

                expression:

A = hanya berupa variable

I  = berupa suatu nilai

A+3*2     = exppression menggunakan operator Calculate (A,B) melakukan pemanggilan function                         bernama Calculate.

statement  

statement merupakan bagian program yang berisi perintahyang akan dieksekusi/dijalanjakan, karena itu statement menentukan bagaimana suatu variable dimanipulasi/berubah. Statement dapat dapat dikelompokan sebagai:

  1. Simple statement
  2. Coumpund statement
  3. Selection statement
  4. Iteration statement

 

Function & producure

                Fungsi/ fungtion adalah suatu kumpulan /intruksi perihtah/program yang dikelompokan menjadi satu,letaknya terpisah dari program yang mengunakan fungsi tertentu dan memeiliki nama tertentu yang unik, seera di gunakan untuk mengerjakan suatu tujuan tertentu