Fakultas Teknologi Informasi
Ide Penelitian Artikel dan Skripsi

Ide Penelitian Artikel dan Skripsi

Ide penelitian mungkin merupakan awal yang dianggap oleh banyak mahasiswa khususnya tingkat akhir adalah hal yang "gampang-gampang susah". Dikatakan "gampang" untuk sebagian mahasiswa karena dari awal kuliah sudah mempunyai tujuan yang ingin dicapai, misalnya ingin menjadi seorang web programmer atau analis design. Dikatakan "susah" bagi mahasiswa yang tujuan kuliahnya belum matang. Dari keseluruhan mahasiswa, rata-rata baru memikirkan penelitian apa yang akan diambil untuk skripsi ketika sesaat sebelum pendaftaran bimbingan skripsi. Bahkan dari rata-rata mahasiswa tersebut asal mengambil outline skripsi untuk kemudian dipikirkan akan membuat apa? 

Berdasarkan pada analisis beberapa periode skripsi yang telah dilakukan di Universitas ARS Bandung, maka berikut ini adalah beberapa tips dan trik dalam menentukan ide penelitian yang bisa dilakukan oleh mahasiswa yang masih belum mendapatkan "wangsit" cheeky :

  • Gali Dari Hobi atau Kegemaran
    • tips yang pertama adalah cek dari hobi atau kegemaran yang dimiliki. Disini maksudnya adalah sebuah penelitian bisa diawali dari kesukaan seperti game. Setelah mengetahui kegemaran game adalah yang disukai, selanjutnya adalah menentukan jenis game yang disukai seperti apa? Misalnya yang disukai adalah berupa game puzzle, maka bisa ditentukan bidang apa saja yang bisa dimasuki game jenis ini untuk aplikasi keseharian. Misalnya untuk meningkatkan daya konsentrasi anak usia dini maka digunakan game puzzle ini. Nah dari awalan ini bisa kita rangkum kebutuhan penelitian yang akan dibuat melalui referensi penelitian terdahulu dengan genre yang similar.
  • Cek Matkul Yang Disukai
    • Ketika hobi atau kegemaran yang dimiliki tidak mendukung untuk membentuk sebuah penelitian, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengevaluasi dari keseluruhan semester, mata kuliah yang menjadi favorit apa saja kemudian pilih yang paling favorit. Misal dari keseluruhan semester di jurusan Sistem Informasi matakuliah yang disukai adalah Etika Profesi, Manajemen Proyek dan Analisis Desain Sistem. Kemudian dari ketiga matakuliah ini dipilih Analisis Desain Sistem, maka ide penelitian yang mungkin muncul adalah dengan menyelesaikan persoalan pada sebuah perusahaan atau lembaga pendidikan dan sebagainya yang tentunya ditunjang juga dengan beberapa penelitian terdahulu yang telah memberikan usulan solusi untuk persoalan yang serupa.
  • Programming Cek
    • Untuk khususnya jurusan Informatika, pemrograman bukanlah hal yang asing karena disetiap semesternya selalu ada matakuliah yang berhubungan dengan pemrograman baik berupa bahasa pemrograman maupun yang berhubungan dengan mengasah logika untuk implementasi algoritma. Jika memiliki ketertarikan kepada dunia pemrograman, maka langkah awal yang dilakukan adalah cek bahasa pemrograman apa yang paling dikuasai dan bukan bahasa pemrograman apa yang "keren" tapi tidak dikuasai (karena programming akan diuji pada saat ujian sidang). Setelah memahami bahasa pemrogaman apa yang dikuasai, selanjutnya adalah menentukan topik program yang akan dibuat melalui referensi penelitian terdahulu dengan melihat pengembangan penelitian dari saran yang diberikan pada penelitian terdahulu. Sehingga,ketika pada saat ujian sidang ditanyakan apa kelebihan dari penelitian yang dilakukan, maka dapat dijawab berupa pengembangan yang dilakukan dari penelitian terdahulu.
  • Jalan Ninja (Cari artikel langsung)
    • tips terakhir adalah dengan mengambil "jalan ninja"! Jalan ninja yang dimaksud yakni dengan cara  langsung mencari artikel yang muncul pada google scholar yang tentunya disesuaikan dengan jurusan yang diambil. Dari artikel yang muncul bisa kita lihat, penelitian yang baik adalah penelitian yang memiliki tingkat kedalaman penelitian yang cukup dalam. Artinya adalah penelitian yang telah dilakukan penelitian ulang oleh beberapa peneliti hingga tahun terakhir untuk membuktikan pengembangan penelitiannya. Jalan ninja ini merupakan opsi terakhir ketika menemukan kebuntuan dalam melakukan penelitian. Yang harus digaris bawahi pada saat mencari artikel jurnal atau prosiding adalah :
      • Penelitian yang dilakukan sesuai dengan jurusan yang diambil
      • Memiliki runut penelitian yang baik
      • Terdapat data yang dishare (jika konsep penelitian adalah Data Mining)
      • Usahakan penelitian yang dilakukan bukan tema "jadul" melainkan yang mengikuti perkembangan jaman
      • Alur penelitian yang disajikan bersifat khusus untuk penelitian tersebut

Demikianlah cara-cara yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dalam menentukan penelitian utamanya untuk penelitian skripsi, umumnya bisa juga digunakan dalam menentukan penelitian untuk tugas mata kuliah. Semoga bermanfaat.