Fakultas Teknologi Informasi
Kelebihan dan Kekurangan  VPS Hosting dan Web Hosting yang Menawarkan Harga Murah

Kelebihan dan Kekurangan VPS Hosting dan Web Hosting yang Menawarkan Harga Murah

Kelebihan dan Kekurangan Web Hosting dan VPS yang Menawarkan Harga Murah

Web hosting dan VPS merupakan suatu layanan berbayar yang memiliki fungsi sebagai penyimpan beragam jenis data di website atau server milik pengguna. Bagi Anda yang mempunyai suatu website yang sedang dikelola, fasilitas web hosting dan vps hosting  pasti sudah begitu familiar sebab bisa membuat suatu website yang dikelola dapat bekerja dengan optimal sebagaimana seharusnya.

Terdapat berbagai layanan web hosting dan VPS Indonesia yang bisa Anda pilih sesuai dengan variasi harga yang ditawarkan dan Apa yang dibutuhkan. Harga yang ditawarkan mulai Vps Murah dan terjangkau sampai yang bisa dibilang sangat mahal. Sebagian orang memilih untuk menggunakan layanan web hosting murah karena mempunyai dana yang terbatas, berikut ini adalah kelebihan serta kekurangan dari web hosting dengan harga murah.

Kelebihan Vps Hosting dan Web Hosting Murah

Kini terdapat banyak sekali layanan web hosting yang menyediakan harga yang cukup terjangkau. Bahkan bisa dibilang Anda bisa mendapatkan sejumlah layanan vps hosting dan web hosting dengan harga mulai dari belasan ribu rupiah. Harga yang murah tersebut pasti menjadi satu kelebihan tersendiri sekaligus nilai jual yang menarik bagi konsumen. Dengan harga yang relatif terjangkau seperti itu maka berbagai perusahaan baru atau bahkan orang biasa juga dapat memiliki layanan cloud hosting tanpa perlu mempunyai sejumlah modal ataupun investasi dalam jumlah yang besar.

Walaupun harga yang ditawarkan tergolong sangat murah, layanan hosting tersebut dibilang cukup bisa diandalkan untuk Anda yang baru memulai bisnis di dunia online. Layanan tersebut tetap mampu memberikan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, ukurannya sekitar 1 hingga 3 GB. Kapasitas tersebut pasti masih cukup untuk beberapa website baru yang belum mempunyai terlalu banyak traffic untuk hosting file ke internet.

Beragam layanan web hosting dengan harga murah juga bisa memberikan beberapa fitur yang cukup lengkap, misalnya server yang cepat, jaminan uptime 99%, sampai berbagai kemudahan dalam proses pembayaran. Bukan hanya itu, tersedia juga fitur berupa autoinstaller dan website builder yang mampu mempermudah pengguna yang masih pemula serta belum memahami mengenai website. Sebagian besar layanan web hosting dengan harga murah juga sudah menawarkan paket migrasi gratis untuk para pemilik website yang sangat memudahkan mobilitas data.

Kekurangan Web Hosting Murah

Walaupun web hosting dengan harga murah mempunyai banyak kelebihan, ternyata layanan hosting murah juga mempunyai sejumlah kekurangan. Salah satunya yaitu resiko mengalami seringnya gangguan terhadap server dan jaringan. Layanan ini juga memiliki risiko terjangkit Malware atau bahkan serangan hacker apabila Anda memutuskan untuk menyewa di tempat yang tidak kredibel. Selain itu, layanan web hosting murah juga memungkinkan untuk berbagi server dengan website milik perusahaan lain atau yang biasa disebut dengan shared hosting.

Hal tersebut bisa dibilang cukup berbahaya jika berbagai perusahaan tersebut mempunyai kebiasaan yang kurang baik untuk mengirim spam dengan menggunakan mailing list hosting, sebab dapat membuat domain yang dihosting oleh server tersebut diblokir oleh software anti spam, bakar website Anda juga bisa terkena dampaknya.

Resiko seperti itu memang kerap ditemui beberapa tahun silam pada saat belum banyak yang menggunakan website seperti sekarang. Namun dengan seiring berjalannya waktu, kini banyak provider hosting telah lebih teliti dalam menyortir pelanggan, meskipun potensi pemblokiran juga belum hilang sepenuhnya. Belum lagi layanan yang seperti ini juga biasanya terbatas dan harus mengeluarkan biaya lebih apabila ingin mendapatkan layanan yang cukup lengkap.

Demikian kelebihan dan kekurangan dari web hosting yang menawarkan harga murah. Semoga bermanfaat!