Hewan dapat digolongkan ke dalam berbagai jenis penggolongan seperti berdasarkan tempat hidupnya, jenis makanannya, cara bergerak, penutup tubuh, cara bernafas, hingga cara berkembang biaknya. Penggolongan jenis hewan merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dipelajari di SDN Curugrendeng II. Terbatasnya materi yang terdapat dalam buku pelajaran serta kurangnya kemampuan guru untuk menggambar hewan menyebabkan penyampaian materi pengenalan hewan tersebut menjadi kurang maksimal dan kurang menarik bagi para siswa. Sehingga diperlukan adanya alternatif media pembelajaran lain yang yang lebih interaktif dan menarik seperti game edukasi. Dengan adanya game edukasi diharapkan para siswa mampu memahami materi penggolongan jenis hewan yang terdapat dalam Permainan 2D Penggolongan Jenis Hewan Berbasis Web. Game edukasi penggolongan jenis hewan ini dibuat dengan Construct 2 dengan model penelitian dan pengembangan 4D yang memiliki 4 tahapan yaitu, tahap Define (Pendefinisian), tahap Design (Perancangan), tahap Development (Pengembangan), dan tahap Dissemination (Penyebarluasan). Berdasarkan pengujian menggunakan White Box Testing fungsi dan manfaat dari aplikasi Permainan 2D Penggolongan Jenis Hewan Berbasis Web sudah berhasil dan dapat dijadikan alternatif untuk mengenalkan penggolongan jenis hewan.
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, GameEdukasi, Construct 2, SDN Curugrendeng II
Penulis | : Nyi Raden Wulan Agustina Purnamasari Kertadikusumah, Hendi Suhendi |
---|---|
Tanggal Terbit | : 02 Desember 2021 |
Sumber Dana | : |
Kategori | : Prosiding Nasional |
Tahun | : 2021 |
Volume | : 2 |
Halaman | : 14 |
Penerbit | : Universitas Adhi Rajasa Reswara Sanjaya (ARS) |
Reputasi | : Nasional |
Kota | : Bandung |
Negara | : Indonesia |
ISSN | : |
e-ISSN | : |
ISBN | : |
e-ISBN | : |
DOI | : |
URL | : https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/423 |
Cover | |
![]() |
Konsentrasi:
Konsentrasi: