Ethical Challenges for a Digital Era

Ethical Challenges for a Digital Era

  • By FTI
  • 20 Januari 2022
  •  

Webinar yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Informasi dengan tema “Ethical Challenges for a Digital Era” bertujuan untuk memberikan pengetahuan terbaru kepada mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dengan tujuan dapat melihat peluang serta tantangan yang akan dilalui oleh mahasiswa di Era Digital. Pemaparan kali ini menghadirkan pemateri yang berasal dari unsur pemerintahan yaitu Diskominfo Kota Bandung dengan hasil implementasi Smart City yang terbaik di Indonesia pada tahun 2021, pengalaman yang telah diemban oleh Diskominfo memberikan gambaran yang nyata kepada mahasiswa transformasi atas apa yang telah dilakukan oleh pemerintah Kota Bandung dalam hal implementasi Smart City yang sangat sukses. Pembicara kali ini adalah Kepala Seksi Evaluasi TIK Diskominfo Kota Bandung yang telah banyak mendapatkan penghargaan baik dalam negeri atau luar negeri dalam membatu percepatan Smart City di Kota Bandung yaitu Ganjar Setya Pribadi SE. M.AK, serta acara tersebut di moderatori oleh Yudi Ramdhani, selaku Ka Prodi Teknik Informatika ARS University.

Implementasi Smart City tidak akan berhasil di implementasikan tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak, khususnya di berbagai bidang lingkungan pemerintahan atau kelompok masyarakat yang bekerja sama dengan unsur pemerintah dalam menyukseskan implementasi Smart City. Smart City di Kota Bandung diimplementasikan dengan tujuan menjawab tantangan Era Digital Revolusi Industry 4.0 dimana semua kegiatan akan di kontrol oleh Sistem Informasi yang saling terhubung antar satu perangkat ke perangkat yang lain. Kota Bandung dalam hal ini mengintergrasikan beberapa dinas di Kota Bandung dengan aplikasi yang aplikatif yaitu aplikasi Bandung Smart City yang dapat di download melalui App Store di platform Andorid. Aplikasi ini dibuat untuk memberikan kemudahan dalam mengakses baik fasilitas yang ada di Kota Bandung maupun informasi yang di sampaikan dari berbagai dinas di Kota Bandung.

Dalam pemaparan  seminar kali ini untuk menjawab tantangan di Era Digital diberikan tips dan trik bagaimana mahasiswa dapat menjawab tantangan di era digital dengan tahapan, mengakses informasi yang terus berkembang dari waktu ke waktu, karena informasi sangatlah penting di era digital pada saat ini. Akses informasi yang telah didapat alangkah lebih baik dianalis menjadi sebuah informasi yang positif dan memberikan wawasan kepada mahasiswa. Menggunakan infrormasi yang yang telah didapat harus menimbulkan rasa membangun inovasi untuk memberikan kemajuan baik di lingkungan sekitar atau di lingkungan pemerintahan, selanjutnya etika dalam menyampaikan informasi harus dilandasi oleh informasi yang sesuai dengan fakta dan dapat dipertanggung jawabkan.

Program Studi
Sistem Informasi

Konsentrasi:

  • Agile Software Development
  • Development and Operations (DevOps)
  • Data Science
Profile Prodi

Program Studi
Teknik Informatika

Konsentrasi:

  • Internet of Things
  • Artificial Intelligence
  • Game Development
Profile Prodi