Fakultas Teknologi Informasi

Fantasy Labirin

Penulis
Dosen:
  1. PHITSA MAULIANA
Mahasiswa:
  1. Puspita Nur Setiawati
  2. Ekky Mulyadi
  3. Hilman Ramdani
  4. Mila Astuti
  5. Nover Gultom
  6. IDAN MAULANA
Nomor Ciptaan
000433614
Tanggal Terbit
03 Januari 2023
Jenis Ciptaan
Program Komputer
Kategori
Hak Cipta Nasional
Kota / Negara
Bandung / Indonesia
URL
https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/EC00202300692?type=copyright&keyword=Fantasy+labirin
Abstrak
Dalam kehidupan sehari – hari, ketelitian sangat diperlukan entah itu dalam pekerjaan,
pembelajaran, bermain, dsb. Semakin tinggi tingkat ketelitian yang dimiliki, maka semakin
bagus prestasi yang akan peroleh. Banyak cara untuk meningkatkan ketelitian seseorang, salah
satu caranya yaitu dengan bermain game edukasi. Dengan perkembangan teknologi pada
zaman sekarang, game tidak hanya berfungsi sebagai alat melepas penat saat waktu luang,
melainkan game memiliki fungsi atau manfaat positif seperti metode pembelajar baru,
perkembangan otak dan kinerja tubuh, dsb. Salah satu permainan edukasi adalah permainan
labirin, yang terbentuk dengan jalur – jalur yang saling berhubungan dan dibatas oleh dinding
yang berfungsi untuk memisahkan jalur satu dengan yang lainnya. Permainan ini memiliki
manfaat untuk melatih memecahkan masalah, ketelitian, dsb. Dalam pembuatan game fantasy
labirin ini, penulis menggunakan metode penelitian yaitu studi literatur yaitu metode yang
dilakukan dengan cara membaca, mengambil data dari pustka, dan mengelola data tersebut.
Kemudian, untuk metode pembuatan aplikasi penulis menggunakan metode collicision
detection, di karena metode ini berguna untuk menentukan posisi dari satu objek dengan objek
yang lain agar tidak ada objek yang saling menembus saat bertabrakan. Dengan menggunakan
metode collicision detection telah berhasil menciptakan sebuah game fantasy labirin yang
bertujuan untuk meningkatkan ketelitian dan mengasah kemampuan dalam menyelesaikan
suatu masalah.