Analisi Strategi Negosiasi Pada Platform Shopee
Penulis |
---|
Dosen: |
Tanggal Terbit |
14 September 2021 |
Kategori |
Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi [SINTA 5] |
Penerbit |
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis |
Kota / Negara |
Bandung / Indonesia |
Volume |
Vol. 7 No 1 |
Halaman |
29-38 |
E-ISSN |
2443-3756 |
E-ISBN |
https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i1 |
URL |
https://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/602 |
Abstrak |
Abstrak : Dengan kemajuan teknologi pada masa kini, maka kita di mudahkan untuk mengakses seluruh aktivitas termasuk berbelanja online untuk kebutuhan sehari hari. Dengan banyak nya platform e-commerce yang sedang menjamur, salah satu yang paling popular adalah platform ecommerce shopee, Aplikasi shopee merupakan platform belanja online dengan menggunakan konsep sosial. Salah satunya bisa bernegosiasi untuk pembelian produk pada aplikasi tersebut.Upaya penelitian yang kami buat dengan menggunakan kuisioner dengan target para seller shopee. Metode yang digunakan pada penelitian jurnal ini bersifat kuantitatif dan akumulatif, ada sebanyak 35 tanggapan seller. Aplikasi shopee sebagai bisnis adalah sebanyak 85,7%. Jenis produk yang dijual paling banyak pada Fashion 36,4% dan perawatan atau kecantikan 27,3%. keuntungan berjualan di Shopee sebanding dengan profit yang didapat dengan E- commerce lain. Adapun produk jual yang dapat ditawar adalah sebanyak 65,6%. Strategi pemberian ulasan pada produk original 54,5%, harga terjangkau 60,6%, kualitas terbaik 57,6%, pemberian diskon 42%, layanan COD 33,3%, dan respon cepat terhadap pelanggan 39,4%. Pengaruh ulasan pelanggan pada toko seller sebanyak 81,8%. Dapat disimpulkan bahwa dalam berbisnis pada aplikasi shopee atau E- comerce lain untuk meningkat dalam penjualan maka harus memberikan pelayanan komunikasi dan negosiasi yang baik, sehingga pelanggan merasa dilayani dengan baik dan merasa puas berbelanja online |