Fakultas Teknologi Informasi

Analisi Strategi Negosiasi Pada Platform Shopee

Penulis
Dosen:
  1. RICKY FIRMANSYAH
Tanggal Terbit
14 September 2021
Kategori
Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi [SINTA 5]
Penerbit
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis
Kota / Negara
Bandung / Indonesia
Volume
Vol. 7 No 1
Halaman
29-38
E-ISSN
2443-3756
E-ISBN
https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i1
URL
https://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/602
Abstrak
Abstrak : Dengan kemajuan teknologi pada masa kini, maka kita di mudahkan untuk mengakses
seluruh aktivitas termasuk berbelanja online untuk kebutuhan sehari hari. Dengan banyak nya
platform e-commerce yang sedang menjamur, salah satu yang paling popular adalah platform ecommerce

shopee, Aplikasi shopee merupakan platform belanja online dengan menggunakan
konsep sosial. Salah satunya bisa bernegosiasi untuk pembelian produk pada aplikasi
tersebut.Upaya penelitian yang kami buat dengan menggunakan kuisioner dengan target para
seller shopee. Metode yang digunakan pada penelitian jurnal ini bersifat kuantitatif dan
akumulatif, ada sebanyak 35 tanggapan seller. Aplikasi shopee sebagai bisnis adalah sebanyak
85,7%. Jenis produk yang dijual paling banyak pada Fashion 36,4% dan perawatan atau
kecantikan 27,3%. keuntungan berjualan di Shopee sebanding dengan profit yang didapat
dengan E- commerce lain. Adapun produk jual yang dapat ditawar adalah sebanyak 65,6%.
Strategi pemberian ulasan pada produk original 54,5%, harga terjangkau 60,6%, kualitas terbaik
57,6%, pemberian diskon 42%, layanan COD 33,3%, dan respon cepat terhadap pelanggan
39,4%. Pengaruh ulasan pelanggan pada toko seller sebanyak 81,8%. Dapat disimpulkan bahwa
dalam berbisnis pada aplikasi shopee atau E- comerce lain untuk meningkat dalam penjualan
maka harus memberikan pelayanan komunikasi dan negosiasi yang baik, sehingga pelanggan
merasa dilayani dengan baik dan merasa puas berbelanja online