Fakultas Teknologi Informasi

IMPLEMENTASI ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR DALAM KATEGORI PENYAKIT ANEMIA

Penelitian ini mengimplementasikan algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) untuk mengklasifikasikan jenis penyakit anemia berdasarkan indikator fisik dan parameter medis. Data terdiri dari 1.281 entri dari Kaggle dengan fitur-fitur relevan untuk klasifikasi penyakit anemia. Proses meliputi pengumpulan... Selengkapnya


Perancangan Game FPS (First Person Shooter) dengan tema Cyber Shooter Training Menggunakan Unity

Penelitian ini membahas perancangan game edukasi bertema Cyber Shooter Training dengan genre First Person Shooter (FPS) menggunakan Unity 3D. Game ini bertujuan untuk melatih ketangkasan pemain melalui simulasi tembak-menembak dalam lingkungan virtual. Metode pengembangan yang digunakan adalah... Selengkapnya


Visualisasi Rute Vehicle Routing Problem Menggunakan Open Route Service sebagai Platform Geospasial

Vehicle Routing Problem (VRP) merupakan permasalahan logistik klasik yang berfokus pada penentuan rute optimal untuk armada kendaraan guna memenuhi permintaan pelanggan dengan efisiensi maksimum. Meskipun berbagai algoritma telah digunakan untuk menyelesaikan permasalahan ini, integrasi teknologi... Selengkapnya


Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Pengadaan Daerah dengan Metode Fuzzy-SAW pada CV Nyunda Karunia

Pemilihan supplier merupakan aspek krusial dalam pengadaan barang daerah yang kompleks karena regulasi pemerintah, keterbatasan sumber daya lokal, serta tuntutan transparansi. Proses ini sering kali dipengaruhi subjektivitas dan ketidakpastian dalam penilaian, khususnya saat data bersifat... Selengkapnya


Perancangan Sistem Informasi Percetakan (SICETAK) pada PT MYID Print Indonesia

PT MYID Print Indonesia faces challenges in compiling and presenting order data information in a transparent, easy, fast, and integrated manner. This research aims to design and implement a web-based printing information system to improve efficiency and accuracy in order data management and... Selengkapnya


PENERAPAN METODE AIML UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN DATA SET PADA CHATBOT

This study explores the application of the AIML Classifier method in classifying WhatsApp conversation texts among students to enhance communication efficiency within academic groups. Using an experimental approach, the research involved collecting conversation data from student WhatsApp groups,... Selengkapnya


Augmented Reality Smart Catalog Furniture Pada CV. Rorompok Menggunakan User Defined Target

Augmented Reality merupakan teknologi yang memadukan dunia nyata dan dunia<br /> virtual dengan cara menampilkan objek virtual di dunia nyata secara langsung, penelitian ini<br /> memanfaatkan Augmented Reality, menjadi sebuah aplikasi simulasi produk furniture, sehingga<br /> konsumen atau user... Selengkapnya


Sistem Informasi Pemesanan Makanan Minuman berbasis Android Hybrid Sun and Grass Coffee

Bisnis dalam bidang cafe ialah usaha yang sangat berkembang dan aneka macam cafe<br /> yang baru, selain berasal konsep dan harga yg bervariasi pada cafe yang berceda, namun perlu<br /> juga pelayanan pada pelanggan yang diberikan. Sistem pemesanan yang awam digunakan ialah<br /> sistem manual... Selengkapnya


Aplikasi Perbaikan Barang Bekas dengan Menerapkan Metode Agile Berbasis Website (UMKM Eastcare)

Minimnya informasi yang diketahui oleh masyarakat terkait cara mengolah kembali<br /> barang bekas pakainya, hal ini mendorong umkm eastcare untuk memberikan edukasi kepada<br /> masyarakat bahwa sebenarnya barang bekas masih bisa digunakan kembali menjadi barang<br /> yang layak pakai dengan... Selengkapnya


Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Patologi Anatomi Menggunakan Model MVC Berbasis Laravel Framework

Sistem Manajemen Laboratorium (SimLab) patologi dan anatomi selama ini diantaranya pemeriksaan Fine Needle Aspiration Biopsy (FNAB), histopatologi dan sitopatologi, serta Papsmear secara manual. Telah dirancang sistem informasi manajemen laboratorium patologi & anatomi menggunakan model... Selengkapnya