Metode Decision Tree Dalam Pemilihan Gaya Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar
Penulis |
---|
Dosen: Mahasiswa: |
Tanggal Terbit |
31 Agustus 2021 |
Kategori |
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 5] |
Penerbit |
SAINTEK |
Kota / Negara |
Palembang / Indonesia |
Volume |
5 |
Halaman |
21-29 |
ISSN |
2580-8788 |
E-ISSN |
2597-8586 |
E-ISBN |
https://doi.org/10.32524/saintek.v5i1.248 |
URL |
https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jsti/article/view/248 |
Abstrak |
Jenis Gaya belajar memiliki peranan penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dengan mengenal gaya belajar, seseorang akan dapat menentukan cara belajar yang lebih efektif. Jenis Gaya belajar sendiri dibedakan kedalam tiga kelompok, yaitu Jenis Gaya Belajar Visual, Jenis Gaya Belajar Auditorial, dan Jenis Gaya Belajar Kinesthetic. Siswa pada tingkat sekolah dasar memerlukan perhatian dan pengawasan dalam proses pembelajaran baik di sekolah ataupun di rumah. Jika kebiasaan dan gaya belajar belajar yang efektif sudah dilakukan siswa sejak sekolah dasar maka akan mempengaruhi prestasi belajar yang memuaskan di masa mendatang. Penelitian ini menggunakan dataset “Data Set Of Learning Style Preference” dan menggunakan algoritma Decision Tree. Hasil Penelitian Ini untuk mengidentifikasi masing-masing gaya belajar setiap siswa dan juga dapat bermanfaat untuk guru, siswa, orangtua ataupun pihak sekolah yang berhubungan serta melaksanakan proses belajar dan pembelajaran baik di sekolah ataupun dirumah untuk memilih strategi pembelajaran yang tepat serta dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan gaya belajar siswa sesuai dengan jenis pembelajarannya dan tentunya ini mendukung terciptanya proses belajar yang efektif dan efisien. |