Fakultas Teknologi Informasi

Metode Decision Tree Dalam Pemilihan Gaya Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar

Penulis
Dosen:
  1. FITRIYANI
Mahasiswa:
  1. IKBAL ANDRIAN PRASETYO
  2. HANII MUSTOFA
  3. SAMAN SUPRIADI
  4. RAMADHAN HENDRA PRASETYO
  5. MUHAMMAD YASRI LATUAMURY
Tanggal Terbit
31 Agustus 2021
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 5]
Penerbit
SAINTEK
Kota / Negara
Palembang / Indonesia
Volume
5
Halaman
21-29
ISSN
2580-8788
E-ISSN
2597-8586
E-ISBN
https://doi.org/10.32524/saintek.v5i1.248
URL
https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jsti/article/view/248
Abstrak
Jenis Gaya belajar memiliki peranan penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dengan
mengenal gaya belajar, seseorang akan dapat menentukan cara belajar yang lebih efektif. Jenis
Gaya belajar sendiri dibedakan kedalam tiga kelompok, yaitu Jenis Gaya Belajar Visual, Jenis Gaya
Belajar Auditorial, dan Jenis Gaya Belajar Kinesthetic. Siswa pada tingkat sekolah dasar
memerlukan perhatian dan pengawasan dalam proses pembelajaran baik di sekolah ataupun di
rumah. Jika kebiasaan dan gaya belajar belajar yang efektif sudah dilakukan siswa sejak sekolah
dasar maka akan mempengaruhi prestasi belajar yang memuaskan di masa mendatang. Penelitian
ini menggunakan dataset “Data Set Of Learning Style Preference” dan menggunakan algoritma
Decision Tree. Hasil Penelitian Ini untuk mengidentifikasi masing-masing gaya belajar setiap siswa
dan juga dapat bermanfaat untuk guru, siswa, orangtua ataupun pihak sekolah yang berhubungan
serta melaksanakan proses belajar dan pembelajaran baik di sekolah ataupun dirumah untuk
memilih strategi pembelajaran yang tepat serta dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan gaya
belajar siswa sesuai dengan jenis pembelajarannya dan tentunya ini mendukung terciptanya proses
belajar yang efektif dan efisien.