Fakultas Teknologi Informasi

STRATEGI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI E-COMMERCE UMKM RUMAH SAYUR LEMBANG MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT

Penulis
Dosen:
  1. RANGGA SANJAYA
Mahasiswa:
  1. BAHTIAR GUNAWAN
  2. MAULANA SHALEH MUBARAK
  3. NISRINA ANBAR
Tanggal Terbit
14 Juni 2020
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4]
Penerbit
JURNAL TEKNOLOGI DAN OPEN SOURCE
Kota / Negara
Kuantan Singingi, Riau / Indonesia
Volume
VOL. 3 No. 1, Juni 2020
Halaman
1 - 13
E-ISSN
2622-1659
E-ISBN
https://doi.org/10.36378/jtos.v3i1.526
URL
https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JTOS/article/view/526
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi informasi potensi dasar faktor-faktor internal dan eksternal penentu strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan strategi. Perkembangan UMKM Rumah Sayur terkesan lambat, karena ketinggalan dalam teknologi e-commerce di dalam usahanya. Menyebabkan sangat minimnya peluang untuk mampu bersaing di dunia usaha. Perlu adanya strategi pengembangan sistem supaya dapat berjalan dan berkembang dengan baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu menentukan strategi pengembangan system informasi adalah dengan melakukan analisis SWOT. Analisis SWOT diperlukan untuk mengetahui persaingan yang ketat sekaligus meningkakan daya saing antar sesama UMKM. Hasil dari analisis tersebut menjabarkan terkait analisis faktor internal bisnis dan Sistem teknologi e-commerce perusahaan serta faktor eksternal bisnis dan Sistem teknologi e-commerce UMKM Rumah Sayur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, observasi, wawancara, dan kuesioner. Kuesioner yang digunakan terdiri dari empat pertanyaan terkait dengan faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, untuk target responden yaitu pengelola UMKM Rumah Sayur seperti ketua komoditas, CMO, koordinator petani, dan bagian pemasaran. Dari hasil analisis, perhitungan matriks IFAS dan EFAS menunjukkan bahwa kekuatan lebih besar dari kelemahan dan peluang lebih besar dari ancaman dan dapat disimpulkan bahwa UMKM Rumah Sayur perlu mengambil kebijakan strategi agresif dalam rangka pengembangan teknologi ecommerce mengingat kekuatan dan peluang yang tinggi ditengah persaingan UMKM yang saat ini sudah banyak.