Penulis
|
Dosen:
-
FITRIYANI
-
ASTI HERLIANA
Eksternal:
-
Moh. Siri
|
Tanggal Terbit
|
03 April 2017 |
Kategori
|
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4] |
Penerbit
|
Jurnal Informatika |
Kota / Negara
|
Jakarta / Indonesia |
Volume
|
Vol 4, No 1 (2017) |
Halaman
|
66~75 |
ISSN
|
2355-6579 |
E-ISSN
|
2528-2247 |
URL
|
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/1613/pdf |
Abstrak
|
Semakin pesatnya aplikasi berbasis android mendorong masyarakat beralih dan menggunakan. Melakukan transaksi dan pembayaran ke loket-loket Paymen Point Online Bank (BPOB) yang dirasa kurang membantu masyarakat dalam kegiatan transkasi. Oleh karenanya hadir sebuah layanan terknologi dibidang micropayment dengan perangkat lunak bernama PayTren yang dapat digunakan untuk pembayaran transaksi dalam jumlah kecil (micropayment) berbasis android yang merupakan salah satu alternatif tepat dan bermanfaat untuk sarana mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi atau pembayaran serta mampu menggeser jenis pembayaran pada loket-loket pembayaran pada umumnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis sikap pengguna aplikasi PayTren berbasis android dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM), serta pengujian menggunakan analisis regresi. Manfaat penelitian ini adalah sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya dengan menggunakan metode TAM dan ditambahkan variabel yang lain. Hasil dari penelitian ini persepsi kegunaan (perceived usefullness) dan persepi kemudahan (perceived easy of use) memiliki pengaruh yang dikategorikan kuat dan lemah terhadap (attitude toward using) sikap pengguna. |