Fakultas Teknologi Informasi

Manajemen Usaha Serta Pemanfaatan Sosial Media Bagi UMKM Baso Malang Campur Sari

Penulis
Dosen:
  1. RIZAL RACHMAN
  2. HENDI SUHENDI
  3. TONI ARIFIN
  4. ADI SUPARWO
Eksternal:
  1. Mayya Nurbayanti Shobary
  2. Dwi Ariyadi
Tanggal Terbit
19 Februari 2018
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 5]
Penerbit
JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Kota / Negara
Jakarta / Indonesia
Volume
Vol 1, No 1 (2018)
Halaman
130-135
URL
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/3141
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim dari Universitas BSI telah memberikan manfaat kepada salah satu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di Kota Bandung yaitu pada perusahaan Baso Malang Campur Sari. Kendala – kendala yang kami peroleh mengenai pengaturan sumber daya manusia yang tidak optimal, pembukuan tidak rapih serta pemasaran masih menggunakan media motoris yang belum meluas. Sample yang kita ambil sebanyak 20 orang terdiri dari 1 orang kepala produksi, 5 orang Operasional produksi dan 14 orang tenaga pemasaran yang menggunakan motor yang sudah disediakan oleh pemilik UMKM. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pembinaan mengenai manajemen usaha perusahaan dan memberikan pelatihan dalam hal meningkatkan kemampuan dan pengetahuan pengurus UMKM mengenai teknologi informasi yaitu melalui aplikasi sosial media. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah pelatihan, pendampingan manajemen, penerapan & penggunaan sistem informasi untuk pemasaran. Hasil dari kegiatan yaitu diharapkan efektifitas dan efisiensi kinerja dapat meningkat, adanya peningkatan pendapatan dan dengan adanya teknologi informasi sehingga wilayah pemasaran dapat lebih meluas.