Fakultas Teknologi Informasi

Strategi Pengembangan Usaha Pada UMKM Baju Bayi Indra Collection

Penulis
Dosen:
  1. ADI SUPARWO
  2. HENDI SUHENDI
  3. RIZAL RACHMAN
  4. TONI ARIFIN
Eksternal:
  1. Mayya Nurbayanti Shobary
Tanggal Terbit
20 Agustus 2018
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 5]
Penerbit
JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Kota / Negara
Jakarta / Indonesia
Volume
Vol. 1 No. 2
Halaman
208-214
URL
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/3734/2484
Abstrak
Modal masih menjadi masalah utama dalamsuatu usaha. Kemajuan suatu usaha ditentukan oleh seberapa besar modal yang dimiliki. Semakin besar modal yang dimiliki maka semakin besar peluang usaha tersebut untuk memperoleh keuntungan yang berdampak pada perkembangan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan masukan mengenai strategi pengembangan usaha kecil dan menengah terkait modal usaha yang diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan bagi pengembangan usaha kecil dan menengah di Kota Bandung khususnya untuk industri baju bayi Indra Collection. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif yang menggambarkan dan memberikan solusi pada pelaku industri kecil dan menengahkhususnya padaindustri baju bayi Indra Collection. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwastrategi pengembangan usaha dimulai dari carapengelolaan modal usaha dan manajemen keuangan yang bijak dengan cara penghematan dan pengalokasian dana yang digunakan sesuai dengan peruntukannya.Dan hal ini tentunya harus didukung dengan memberikan pendampingan dan pembinaan yangtepatagar industri kecil dan menengah bisa berkembang pesat dan tetap bertahan.