Fakultas Teknologi Informasi

PEMODELAN KNOWLEDGE MANAGEMENT BERBASIS WEB UNTUK KEGIATAN PELAYANAN PADA PERUSAHAAN RETAIL

Penulis
Dosen:
  1. HENDI SUHENDI
Tanggal Terbit
13 April 2015
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4]
Penerbit
Jurnal Informatika
Kota / Negara
Jakarta / Indonesia
Volume
Vol. II No. 1
Halaman
231-241
URL
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/74
Abstrak
Penerapan Knowledge Management di perusahaan nampaknya sudah menjadi suatu kebutuhan mendasar pada era globalisasi ini. Kemampuan perusahaan mengelola knowledge yang ada merupakan kekuatan yang diperlukan untuk dapat tetap bertahan. Hal ini juga berlaku pada perusahaan retail yang ada di Indonesia. Knowledge Management (KM) merupakan usaha untuk meningkatkan knowledge yang berguna dalam organisasi. Knowledge Management tidak hanya merupakan pengaturan akan knowledge, namun lebih pada manajemen suatu organisasi dengan fokus khusus terhadap knowledge. Penerapan Knowledge Management dengan sebuah sistem berbasis web, diharapkan dapat menjadi solusi dari kebutuhan aliran knowledge yang tidak dihalangi oleh batasan waktu dan lokasi geografis. Penulis jurnal ini menganalisis kondisi knowledge dalam organisasi, dengan memperhatikan dukungan infrastruktur teknologi informasi yang ada. Metoda Focus Discussion Forum digunakan sebagai metodologi untuk melakukan analisis. Focus Discussion Forum sendiri merupakan metode penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kecenderungan yang ada pada individu mengenai persepsi tentang suatu hal. Hasil Focus Discussion Forum ini menggambarkan budaya knowledge sharing organisasi yang merupakan komponen kritis dari Knowledge Management