Mobile Payment ialah teknologi fintech yang memberikan kemudahan bagi masyarakat terhadap kegiatan bertransaksi yang bersifat non-tunai, sehingga dalam melakukan pembayaran menjadi lebih praktis, nyaman serta efisien. Sebagian masyarakat mengetahui mobile payment atau uang elektronik dapat digunakan untuk membayar berbagai macam transaksi yang sudah tersedia di berbagai merchant. Beberapa aplikasi yang mendukung adayanya teknologi mobile payment yaitu GoPay dan OVO. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk membandingkan dua aplikasi mobile payment yang memiliki fungsi serta proses bisnis yang sama dari aspek pengalaman pengguna. Pada penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu pengujian tingkat kegunaan menggunakan metode Usability Testing dengan melakukan penyebaran kuisisoner System Usability Scale (SUS) serta metode User Experience Questionnaire (UEQ) yang merupakan alat bantu mengukur pengolahan data hasil kuiseoner berdasarkan pengalaman pengguna. Metode UEQ memiliki 6 skala yaitu : attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation dan novelty, yang dibagikan kepada responden yang mempunyai latar belakang dan usia yang berbeda-beda. Selanjutnya, dari hasil kedua pengujian secara subjektif, responden cenderung memberikan hasil positif pada kedua aplikasi serta nilai rata-rata untuk Usability Testing berada pada level Margin-Hight dan pada metode UEQ berada pada level positif (good). Lalu dari kedua aplikasi tersebut GoPay lebih unggul dari OVO karena memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi pada kedua metode. |