Fakultas Teknologi Informasi

ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MYARS MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Penulis
Dosen:
  1. RANGGA SANJAYA
Mahasiswa:
  1. AREY
Tanggal Terbit
01 Oktober 2021
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 5]
Penerbit
J-Icon
Kota / Negara
Kupang / Indonesia
Volume
Vol.9 No.2
Halaman
214-222
ISSN
2337-7631
E-ISSN
2654-4091
E-ISBN
10.35508/jicon.v9i2.5273
URL
https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jicon/issue/view/365
Abstrak
Penyampaian kegiatan dan informasi akademik yang sedang berlangsung di bidang pendidikan dapat memanfaatkan teknologi informasi. Salah satunya yang sangat penting adalahdengan membuat sistem informasi akademik yang dapat diakses oleh siswa secara online. Aplikasi MyARS merupakan sistem informasi akademik yang menyediakan informasi perkuliahan bagi mahasiswa ARS University. Laman aplikasi MyARS dapat diakses melalui tautan https://myars.ars.ac.id/. Pertanyaan terkait penelitian ini adalah apakah kualitas aplikasi MyARS yang digunakan berdampak pada kepuasan pengguna. Penelitian ini berfokus pada kepuasan pengguna dengan metode webqual yang terdiri dari tiga variabel yaitu usability, information quality, dan interaction quality. Data yang telah diperoleh diolah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 16. Berdasarkan variabel webqual, hasil analisis menyatakan hasil skor kualitas informasi sebesar 3.620 dengan tingkat persentase 83,79%. Hal tersebut juga didukung dengan hasil regresi yang membuktikan kualitas kegunaan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil skor kualitas informasi sebesar 4.051 dengan tingkat persentase 83,35%. Hal tersebut juga didukung dengan hasil regresi yang membuktikan kualitas informasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan hasil skor kualitas informasi sebesar 2.167 dengan tingkat persentase 80,25% Hal tersebut juga didukung dengan hasil regresi yang membuktikan kualitas informasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan.