Analisis Penerimaan Pengguna DANA Sebagai Media Pembayaran Pada Marketplace Lazada Menggunakan TAM
Penulis |
---|
Dosen: Mahasiswa: |
Tanggal Terbit |
30 November 2021 |
Kategori |
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4] |
Penerbit |
LPPM BSI |
Kota / Negara |
Tasikmalaya / Indonesia |
Halaman |
111-117 |
URL |
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit/article/view/9477 |
Abstrak |
DANA yaitu Dompet Digital Indonesia yang didesain untuk menjadikan setiap transaksi nontunai secara digital baik online dapat berjalan dengan cepat, praktis dan tetap terjamin keamanannya. DANA merupakan salah satu metode pembayaran non tunai. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penerimaan pengguna aplikasi DANA sebagai media pembayaran pada Marketplace Lazada. Penelitian ini menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) dengan lima variabel yaitu Perceived Usefulness (X1), Perceived Ease Of Use (X2), Attitude Toward Using (X3), Behavior Intention To Use (X4) dan Actual Use (Y). Dari hasil penelitian tersebut diperoleh hasil analisis bahwa variabel (X1), (X2), (X3), (X4) dan Y memiliki nilai korelasi sebesar 0,201. Sehingga dapat disimpulkan variabel independen dan dependen dalam penelitian ini memiliki hubungan yang kuat, nilai F hitung sebesar 0,473 nilai R Square (R2) sebesar 0,4%. Dengan demikian menyatakan bahwa variabel (X1), (X2), (X3), (X4), secara simultan berpengaruh positif terhadap (Y) dapat diterima. Kata kunci: aplikasi DANA, analisis penerimaan, technology acceptance model |