Fakultas Teknologi Informasi

Analisis Penerimaan Pengguna DANA Sebagai Media Pembayaran Pada Marketplace Lazada Menggunakan TAM

Penulis
Dosen:
  1. SARI SUSANTI
Mahasiswa:
  1. SUCI FITRAMI
Tanggal Terbit
30 November 2021
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4]
Penerbit
LPPM BSI
Kota / Negara
Tasikmalaya / Indonesia
Halaman
111-117
URL
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit/article/view/9477
Abstrak
DANA yaitu Dompet Digital Indonesia yang didesain untuk menjadikan setiap transaksi nontunai secara
digital baik online dapat berjalan dengan cepat, praktis dan tetap terjamin keamanannya. DANA
merupakan salah satu metode pembayaran non tunai. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis
penerimaan pengguna aplikasi DANA sebagai media pembayaran pada Marketplace Lazada. Penelitian
ini menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) dengan lima variabel yaitu Perceived
Usefulness (X1), Perceived Ease Of Use (X2), Attitude Toward Using (X3), Behavior Intention To Use (X4)
dan Actual Use (Y). Dari hasil penelitian tersebut diperoleh hasil analisis bahwa variabel (X1), (X2), (X3),
(X4) dan Y memiliki nilai korelasi sebesar 0,201. Sehingga dapat disimpulkan variabel independen dan
dependen dalam penelitian ini memiliki hubungan yang kuat, nilai F hitung sebesar 0,473 nilai R Square
(R2) sebesar 0,4%. Dengan demikian menyatakan bahwa variabel (X1), (X2), (X3), (X4), secara simultan
berpengaruh positif terhadap (Y) dapat diterima.
Kata kunci: aplikasi DANA, analisis penerimaan, technology acceptance model