Fakultas Teknologi Informasi

Rancang Bangun PuzzleRubik 3D Berbasis Androiduntuk Mengasah Motorik Siswa (SDN 244 Guruminda)

Penulis
Dosen:
  1. SALMAN TOPIQ
Tanggal Terbit
20 Desember 2021
Kategori
Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi [Lainnya]
Penerbit
Prodi Teknik Informatika
Kota / Negara
Bandung / Indonesia
Halaman
83-91
URL
https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/513
Abstrak
Pembelajaran motorik merupakan salah satu kendala yang di alami para siswa SDN 244 GURUMINDA dalam melatih perkembangan Keterampilan motorik melalui hal-hal positif dan juga dapat memicu para siswa ingin terdorong melakukan kegiatan yang dapat melatih motoriknya, dikerenakan banyak pula siswa yang kurang bergerak di dalam kelas. Pihak sekolah SDN 244 GURUMINDA pun harus mengadakan kegiatan yang bisa melatih anak didinya dengan cara penyenangkan, oleh kerana itu permainan Rubik’3D solusi untuk bertujuan agar siswa dapat melatih motoriknya, maka di ciptakanya game Rubik’3D sebagai solusi untuk siswa yang pergerkannya kurang di dalam kelas. agar anak tertarik untuk memainkannya, apalagi bermainnya tanpa disadari anak tersebut telah mengembangkan motoriknya. Di kerenakan fase anak-anak dapat dilatih dengan cara bermain, misalnya aplikasi puzzle dengan Media pembelajaran berbasis android untuk melatih motorik anak berkebutuhan khusus. Game Rubik’s 3D juga dapat mengisi waktu luang saat jam kosong dan mengisi kegiatan ekstrakurikuler. Guru dan orang tua pun dapat mefasilitasi anak didinya dengan cara mudah kerena game Rubik’s 3D ini dapat di mainkan di mana saja dengan cara yang mudah, walaupun sering berada di dalam kelas.
Kata kunci—Permainan Rubik 3D, Motorik Siswa, Aplikasi Game Android