Fakultas Teknologi Informasi

ENERAPAN MODEL ADDIE DALAM PEMBUATAN PERMAINAN EDUKASI BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID

Penulis
Dosen:
  1. ERFIAN JUNIANTO
Mahasiswa:
  1. MUHAMAD IQBAL MAULANA
Tanggal Terbit
15 Februari 2022
Kategori
Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi [Lainnya]
Penerbit
JURNAL RESPONSIF
Kota / Negara
Kota Bandung / Indonesia
Volume
4/1
Halaman
12
E-ISSN
2685-6964
E-ISBN
https://doi.org/10.51977/jti.v4i1.680
URL
https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jti/article/view/680
Abstrak
Bahasa sebagai salah satu perantara manusia bisa saling berkomunikasi. Bahasa inggris sebagai Bahasa internasional sudah menjadi kurikulum pembelajaran sebagai persiapan menghadapi era 4.0, pengajaran Bahasa inggris sedari dini pada anak dalam masa periode emas lebih tepat. Oleh karena itu pengajaran yang interaktif dan edukatif untuk anak diperlukan. Permainan edukasi Bahasa inggris berbasis android bisa menjadi salah satu cara dalam membantu pembelajaran yang interaktif dan edukatif. Android sebagai sistem operasi yang ada pada ponsel pintar memudahkan dalam pembuatan dan pendistribusian permainan edukasi Bahasa inggris ini, karena presentasi kepemilikan ponsel pintar yang mencapai 89,45% pada tahun 2020. Pembuatan permainan edukasi Bahasa inggris berbasis android ini menggunakan metode ADDIE, metode ini sendiri sangat berguna dalam pembuatan permainan karena mencakup beberapa aspek yang terstruktur sehingga bisa menghasilkan permainan yang sesuai untuk kurikulum pembelajaran. Permainan edukasi Bahasa inggris berbasis android ini memiliki 2 mode yang bisa dimainkan, yaitu multiple choice dan matching quiz. Sebelum permainan dimulai, pada menu awal terdapat 2 pilihan tombol yaitu learn dan play, sehingga user bisa mempelajari dulu apa yang nanti akan dimainkan dalam permainan edukasi Bahasa inggris berbasis android ini. Hasil dari penelitian dengan wawancara melalui kusoiner terhadap beberapa responden, permainan edukasi Bahasa inggris ini menunjukan hasil yang cukup baik.