Penulis
|
Dosen:
-
WILDAN WIGUNA
Mahasiswa:
-
ALVINA ISLAHA
|
Tanggal Terbit
|
21 Maret 2022 |
Kategori
|
Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi [Lainnya] |
Penerbit
|
Jurnal Infortech - LPPM Universitas Bina Sarana Informatika |
Kota / Negara
|
Jakarta Pusat / Indonesia |
Volume
|
3/2 |
Halaman
|
136-144 |
E-ISSN
|
2715-8160 |
E-ISBN
|
https://doi.org/10.31294/infortech.v3i2.11719 |
URL
|
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech/article/view/11719 |
Abstrak
|
Pencapaian keberhasilan peserta didik dengan budi pekerti yang luhur memerlukan peran pendidik dan orang tua yang memahami aspek penting dalam mendidik siswa. Suatu identifikasi kepribadian memudahkan pengambilan langkah selanjutnya dalam mendidik anak agar dapat menerapkan nilai-nilai kehidupan dengan baik. Mekanisme penanganan kepribadian siswa di SMP IT Daarul Hikmah saat ini masih menggunakan metode observasi secara langung yang kurang terkoordinasi dengan baik antara orang tua siswa dengan pihak sekolah. Pada penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Case-Based Reasoning (CBR) berbasis website dalam mengidentifikasi kepribadian siswa di SMP IT Daarul Hikmah. Tahapan pengembangan sistem pakar dengan metode CBR tersebut menggunakan model Expert System Development Life-Cycle (ESDLC). Kemudian dilakukan pembangunan website dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem pakar menggunakan metode CBR melakukan perhitungan identifikasi kepribadian siswa berdasarkan nilai kemiripan dari kasus baru yang dikaji sesuai dengan bidang keilmuan psikologis. Sistem pakar tersebut memudahkan para orang tua siswa dalam melakukan konsultasi atau diagnosa awal kepribadian anaknya yang mengenyam pendidikan di SMP IT Daarul Hikmah dengan pendataan kasus yang lebih terkoordinasi. Pada hasil evaluasi pengguna terhadap sistem pakar yang telah dikembangkan menunjukkan bukti bahwa responden memberikan umpan balik dengan rata-rata tingkat kepuasan pada kategori baik. |