Fakultas Teknologi Informasi

Sistem Pakar Identifikasi Kepribadian Siswa Menggunakan Metode Case-Based Reasoning Berbasis Website

Penulis
Dosen:
  1. WILDAN WIGUNA
Mahasiswa:
  1. ALVINA ISLAHA
Tanggal Terbit
21 Maret 2022
Kategori
Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi [Lainnya]
Penerbit
Jurnal Infortech - LPPM Universitas Bina Sarana Informatika
Kota / Negara
Jakarta Pusat / Indonesia
Volume
3/2
Halaman
136-144
E-ISSN
2715-8160
E-ISBN
https://doi.org/10.31294/infortech.v3i2.11719
URL
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech/article/view/11719
Abstrak
Pencapaian keberhasilan peserta didik dengan budi pekerti yang luhur memerlukan peran pendidik dan orang tua yang memahami aspek penting dalam mendidik siswa. Suatu identifikasi kepribadian memudahkan pengambilan langkah selanjutnya dalam mendidik anak agar dapat menerapkan nilai-nilai kehidupan dengan baik. Mekanisme penanganan kepribadian siswa di SMP IT Daarul Hikmah saat ini masih menggunakan metode observasi secara langung yang kurang terkoordinasi dengan baik antara orang tua siswa dengan pihak sekolah. Pada penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Case-Based Reasoning (CBR) berbasis website dalam mengidentifikasi kepribadian siswa di SMP IT Daarul Hikmah. Tahapan pengembangan sistem pakar dengan metode CBR tersebut menggunakan model Expert System Development Life-Cycle (ESDLC). Kemudian dilakukan pembangunan website dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem pakar menggunakan metode CBR melakukan perhitungan identifikasi kepribadian siswa berdasarkan nilai kemiripan dari kasus baru yang dikaji sesuai dengan bidang keilmuan psikologis. Sistem pakar tersebut memudahkan para orang tua siswa dalam melakukan konsultasi atau diagnosa awal kepribadian anaknya yang mengenyam pendidikan di SMP IT Daarul Hikmah dengan pendataan kasus yang lebih terkoordinasi. Pada hasil evaluasi pengguna terhadap sistem pakar yang telah dikembangkan menunjukkan bukti bahwa responden memberikan umpan balik dengan rata-rata tingkat kepuasan pada kategori baik.