Fakultas Teknologi Informasi

Analisis Kepuasan Pengguna Youtube Sebagai Media Pendidikan Menggunakan Model DeLone Dan McLean

Penulis
Dosen:
  1. BAMBANG SUKAJIE
  2. ADE MUBAROK
  3. SARI SUSANTI
  4. ADANG KURNIAWAN
Eksternal:
  1. Fajar Aziz Laksono
Tanggal Terbit
15 Agustus 2019
Kategori
Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi [Lainnya]
Penerbit
Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Kota / Negara
Bandung / Indonesia
Volume
Vol 1 No 1
Halaman
46-52
E-ISSN
2685-6964
URL
http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jti/article/view/64
Abstrak
Youtube adalah situs web untuk menonton dan berbagi macam-macam video, dengan banyak pengguna di semua negara yang setia untuk mengakses situs Youtube. Youtube semakin berkembang dari segi pengguna, fasilias, fungsionalitas dan konten. Youtube tidak hanya menyediakan video untuk hiburan tapi banyak pengguna juga membuat konten edukasi untuk membantu belajar pengguna lainnya. Edukasi adalah kegiatan oleh pengguna untuk melakukan proses pembelajaran atau mengajar yang bertujuan untuk menambah, mengembangkan atau memberikan pengetahuan, keterampilan, potensi dan lain sebagainya. Dan banyak orang di dunia menggunkan Youtube sebagai media edukasi mereka. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model kesuksesan DeLone dan McLean. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas informasi (information quality), kualitas sistem (system quality), kualitas layanan (service quality) terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction) dari pengguna Youtube di Indonesia yang menggunakan Youtube sebagai media edukasi, dan ditentukan 100 orang sebagai sampel penelitian. Dari hasil analisis regresi linier berganda dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas informasi (information quality) dan kualitas layanan (service quaity) tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction), dan hanya variabel kualitas sistem yang berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction) dengan pengaruh (koefisien determinasi) sebesar 70.9% dan nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0,842 yang dikategorikan sangat kuat.