Fakultas Teknologi Informasi

Penerapan Data Mining Metode Apriori Dan FP-Tree pada Penjualan Media Edukasi (Studi Kasus: Oisha Smartkids)

Penulis
Dosen:
  1. ERFIAN JUNIANTO
  2. RIZAL RACHMAN
Tanggal Terbit
02 November 2020
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4]
Penerbit
IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology)
Kota / Negara
Jakarta / Indonesia
Volume
Vol. 5 No.2
Halaman
117-125
ISSN
2527-449X
E-ISSN
2549-7421
URL
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit/article/view/8308
Abstrak
Selama ini Oisha Smartkids telah melayani sekian banyak transaksi pesanan produk–produk media edukasi. Setiap data transaksi tersebut disimpan di dalam suatu sistem basis data melalui aplikasi sistem informasi manajemen. Seiring meningkatnya dunia toko online maka informasi mengenai produkproduknya menjadi kebutuhan. Salah satu yang menjadi kebutuhan penting yaitu informasi mengenai penjualan dan persediaan produk media edukasi. Algoritma Apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Aturan yang menyatakan asosiasi antara beberapa atribut sering disebut affinity analysis atau market basket analysis. Analisis asosiasi atau association rule mining adalah teknik data mining untuk menemukan aturan suatu kombinasi item. FP-Tree merupakan struktur penyimpanan data yang dimampatkan. FP-tree dibangun dengan memetakan setiap data transaksi ke dalam setiap lintasan tertentu dalam FP-tree. hasil analisa dan pengujian pada transaksi penjualan media edukasi menggunakan data mining dengan algoritma apriori dari 30 data produk, 12 transaksi setiap bulannya selama tahun 2019 menghasilkan nilai minimum support = 25%, nilai minimum confidence 90% dan pola kombinasi produk dan rules sebesar 100%. Selanjutnya dilengkapi dengan algortma FP-tree menghasilkan 10 produk best seller melalui tahap filterisasi dan menemukan pola kombinasi produk. Sehingga dari 2 metode tersebut sangat penting dalam pengambilan keputusan yang berguna untuk mempersiapkan jenis stok barang apa yang diperlukan kedepanya.