Fakultas Teknologi Informasi

Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Google-Forms Sebagai Media Survey Online Menggunakan Delone & Mclean

Penulis
Dosen:
  1. ADE MUBAROK
  2. SARI SUSANTI
  3. BAMBANG SUKAJIE
  4. CHAIRIL M NOOR
Mahasiswa:
  1. NONENG TIA APRILIA
Tanggal Terbit
15 September 2020
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4]
Penerbit
Jurnal Informatika
Kota / Negara
Jakarta / Indonesia
Volume
Vol.7 No.2
Halaman
192-198
ISSN
2355-6579
E-ISSN
2528-2247
URL
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/7967
Abstrak
Kegiatan melakukan survei atau membagikan formulir, biasanya dihadapkan dengan banyaknya data yang harus diolah dengan berbagai cara atau metode, besarnya jumlah data yang didapatkan membuat pengolahan data memakan biaya dan waktu yang sangat lama. Dengan hadirnya layanan Google Forms diharapkan dapat memudahkan para pengguna yang sedang melakukan kegiatan survei online. Tujuan Penelitian ini untuk melihat hubungan antara variabelvariabel terhadap kepuasan pengguna layanan Google Forms di Kota Bandung menggunakan model DeLone & McLean. Model DeLone & McLean sendiri mempunyai enam variabel yaitu: Kualitas Sistem (System Quality), Kualitas Informasi (Information Quality), Kulalitas Layanan (Service Quality), Penggunaan (Use), Kepuasan Pengguna (User Satisfaction), dan Manfaat Bersih (Net Benefit), namun pada penelitian ini peneliti hanya menggunakan 5 variabel saja yaitu, Kualitas Sistem (System Quality), Kualitas Informasi (Information Quality), Kulalitas Layanan (Service Quality), Penggunaan (Use), dan Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pendekatan convinience sampling. Hasil penelitian yang diperoleh adalah variabel Kualitas Sistem (System Quality) (X1), Kualitas Informasi (Information Quality) (X2), Kualitas Layanan (Service Quality) (X3), dan Penggunaan(Use) (X4) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna (User satisfaction) (Y).