Fakultas Teknologi Informasi

ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN DI CV. INTEGREET KONSTRUKSI

Penulis
Dosen:
  1. ALI AKBAR RISMAYADI
  2. ERFIAN JUNIANTO
Mahasiswa:
  1. NOVIA NUR FATONAH
Tanggal Terbit
28 Februari 2021
Kategori
Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi [Lainnya]
Penerbit
Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Kota / Negara
Bandung / Indonesia
Volume
Vol. 3 No.1
Halaman
30-36
E-ISSN
2685-6964
URL
https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jti/article/view/393
Abstrak
Semakin ketatnya persaingan bisnis, menuntut setiap perusahan untuk bekerja semaksimal mungkin agar dapat tetap unggul dalam persaingan. Salah satu caranya adalah dengan menentukan strategi pemasaran yang paling tepat guna menarik konsumen yang lebih banyak. CV.Integreet Konstruksi merupakan sebuah perusahaan jasa yang bergerak di bidang konstruksi, untuk sebuah perusahaan yang cukup besar perusahaan ini masih sering kesulitan dalam menentukan strategi pesaran seperti apa yang paling tepat, hal tersebut berdampak pada jumlah penjualan yang menurun setiap bulannya. Informasi dari data penjualan sebenarnya dapat di olah untuk dijadikan dasar dalam penentuan strategi pemasaran yang tepat. Diperlukan suatu teknik atau perangkat untuk membantu mentransformasikan data tersebut menjadi informasi berguna yaitu dengan penerapan data mining. Salah satu metode dari data mining yang dapat digunakan adalah metode Clustering, di mana metode ini akan mengidentifikasi objek yang memiliki kesamaan karakteristik tertentu. Algoritma yang digunakan untuk pembentukan cluster adalah algoritma K-Means. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data penjualan dari bulan Agustus-November yang terdiri dari 212 sampel data. Cluster yang terbentuk berjumlah tiga cluster, dengan cluster pertama berjumlah 103 data, cluster dua berjumlah 58 data, dan cluster ke tiga berjumlah 51 data. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam penentuan strategi pemasaran yang paling tepat.