Fakultas Teknologi Informasi

Perancangan Aplikasi IT Helpdesk Berbasis Web di PT. Panca Abadi Nan Jaya

Penulis
Dosen:
  1. ABDURAHMAN FAUZI
Eksternal:
  1. Asep Topan Suryadi
Tanggal Terbit
20 Februari 2020
Kategori
Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi [Lainnya]
Penerbit
Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Kota / Negara
Bandung / Indonesia
Volume
Vol.2 No.1
Halaman
99-105
E-ISSN
2685-6964
URL
https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jti/article/view/169
Abstrak
Dalam perusahaan, Helpdesk merupakan sebuah bagian atau departement yang melakukan proses untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber yang ada dan dituntut untuk aktif melayani dan menanggapi kebutuhan pengguna. Perkembangan Helpdesk diharapkan dapat mengatasi permasalahan dan memberikan layanan terhadap seluruh permasalahan baik yang bersifat internal maupun seluruh permasalahan operasional aplikasi ataupun hal-hal yang berhubungan dengan sistem dan teknologi informasi. Helpdesk merupakan bantuan informasi yang menangani permasalahan atau troubleshooting. Sistem Helpdesk Informasi Teknologi pada PT. Panca Abadi Nan Jaya saat ini yang digunakan hanya menggunakan email, telepon dan aplikasi android yaitu what’sapp. Bila ada suatu masalah yang berkaitan dengan perangkat IT, pihak user langsung menghubungi IT melalui telepon atau what’sapp. Tetapi ada keluhan dari user apa permasalahan nya sudah di kerjakan atau belum dikerjakan, karena pihak IT terkadang lupa memberi informasi ke pihak user apakah keluhan nya sudah di kerjakan atau belum oleh pihak IT. Maka dari itu penulis mencoba merancang sistem aplikasi IT Helpdesk berbasis Web. Hasil aplikasi Helpdesk mampu mempersingkat waktu pengolahan data, mengurangi masalah human error dalam proses pencatatan data, menghasilkan laporan-laporan helpdesk dengan cepat dan akurat, serta diharapkan dapat membantu proses pengambilan keputusan perusahaan.