Fakultas Teknologi Informasi

Pelatihan Analisis Dan Segmentasi Pasar Di Era Digital Pasca Pandemi Covid-19 Pada Nom Nom Cafetaria & Careting (Tjendana Food Point)

Penulis
Dosen:
  1. RICKY FIRMANSYAH
  2. YUNIKA KOMALASARI
  3. PHITSA MAULIANA
  4. NANANG HUNAIFI
  5. SRIE WIJAYA KESUMA DEWI
  6. R. DEWI SULASTRININGSIH
  7. WILDAN WIGUNA
Tanggal Terbit
18 Agustus 2022
Kategori
Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi [Lainnya]
Penerbit
JUMAT INFORMATIKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT
Kota / Negara
Jombang / Indonesia
Volume
Vol. 3, No. 2
Halaman
66-71
E-ISSN
2774 - 8529
E-ISBN
https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i2.2868
URL
https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_if/article/view/2868
Abstrak
Pandemik Covid-19 meninggalkan pengaruh yang begitu besar untuk berbagai pelaku bisnis, khususnya untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menekuni bidang kuliner berupa makanan maupun minuman. Melihat perkembangan platform digital dan pandemi Covid-19 yang mulai mereda, pemasarn secara langsung maupun melalui platform online tetap memerlukan strategi pemasaran. Berbagai strategi marketing seperti segmentasi pasar menjadi proses marketing yang ditempuh untuk dapat menarik daya beli konsumen. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam pengabdian berupa pelatihan analisa dan segmentasi pasar usaha kuliner di era digital pasca pandemi Covid-19 ini yang bertujuan untuk menjabarkan keterkaitan antara sikap, kegiatan, dan proses yang saat ini sedang berlangsung. Berdasarkan karakteristik segmen konsumen yang di teliti, terlihat bahwa jenis kelamin perempuan memiliki prosentasi yang tinggi sebanyak 46,67% dibandingkan laki-laki. Selain itu, rentang usia sekolah sebesar 40% menjadi konsumen yang paling banyak. Hal ini dapat menjadi acuan untuk memilih produk unggulan yang tepat bagi pasar tersebut.