Fakultas Teknologi Informasi

Analisis Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kawasan Agrowisata Cicantayan Menggunakan Webqual 4.0

Penulis
Dosen:
  1. RANGGA SANJAYA
Mahasiswa:
  1. RIZKA NAMIRA NUR AZ-ZAHRA
  2. MASARI PRAS TYO
  3. FAUZI RAHMAN
  4. MUHAMMAD ZULFIKAR SIDIQ
Tanggal Terbit
01 April 2022
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 2]
Penerbit
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika)
Kota / Negara
Pontianak / Indonesia
Volume
Vol.8 No.1
Halaman
13-19
ISSN
2460-0741
E-ISSN
2548-9364
E-ISBN
http://dx.doi.org/10.26418/jp.v8i1.51056
URL
https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jepin/article/view/51056
Abstrak
Kecamatan Cicantayan memiliki potensi agrowisata pedesaan yang ditunjang oleh banyaknya produk UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat di kawasan wisata tersebut. Digitalisasi informasi dan pengelolaan transaksi digunakan untuk mengoptimalkan aktivitas bisnis kawasan agrowisata di Kecamatan Cicantayan. Sistem informasi kawasan agrowisata Cicantayan dirancang untuk mengeksploitasi informasi terkait potensi wisata dan produk UMKM di Kecamatan Cicantayan. Dengan adanya sistem informasi kawasan agrowisata Cicantayan menyediakan akses informasi terhadap daya tarik kawasan wisata pedesaan, pemesanan tiket wisata, dan transaksi produk UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat di Kecamatan Cicantayan. Untuk mengukur keberhasilan penerapan sistem informasi kawasan agrowisata Cicantayan, dilakukan analisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction) dengan menggunakan Webqual 4.0. Indikator kualitas layanan yang diukur terdiri dari usability, information quality, dan interaction quality. Kuesioner disebar kepada pengguna aplikasi diantaranya BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), UMKM, dan masyarakat. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS 26. Berdasarkan hasil analisis kepuasan pengguna menggunakan model Webqual 4.0, diperoleh skor usability sebesar 464 dengan persentase 96.12%. Hal tersebut membuktikan bahwa kualitas kegunaan aplikasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna. Kemudian skor information quality diperoleh sebesar 489 dengan prosentase 93.68%. Hal tersebut membuktikan bahwa kualitas informasi pada aplikasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Hasil skor interaction quality diperoleh sebesar 270 dengan prosentase 93.10%. Hal tersebut membuktikan bahwa kualitas interaksi dalam aplikasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna.