Fakultas Teknologi Informasi

APLIKASI TOUR GUIDE BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS KEBUN BINATANG BANDUNG)

Penulis
Dosen:
  1. RIZAL RACHMAN
Tanggal Terbit
18 Agustus 2022
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 5]
Penerbit
Just IT, universitas Muhamadiyah jakarta
Kota / Negara
Jakarta / Indonesia
Volume
12
Halaman
56 – 63
ISSN
2598 – 3016
E-ISSN
2089 – 0256
E-ISBN
https://doi.org/10.24853/justit.12.1.%25p
URL
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/article/view/7464
Abstrak
Kreasi dan inovasi dalam pariwisata merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan daya tarik dan minat wisatawan atau pengunjung untuk datang ke dalam suatu lokasi pariwisata. Kebun Binatang Bandung adalah salah satu lokasi wisata kota yang membutuhkan adanya suatu kreasi dan inovasi ini, salah satunya dalam bidang teknologi dan informasi, yang berupa sebuah aplikasi Tour Guide yang dapat digunakan dengan smartphone. Aplikasi ini menggunakan bantuan Augmented Reality untuk membantu wisatawan atau pengunjung untuk mendapatkan informasi tentang lokasi wahana dan juga satwa-satwa yang berada di dalam Kebun Binatang Bandung. Metode prototype adalah metode yang digunakan pada pembuatan aplikasi, karena metode ini menggunakan teknik pengulangan dan pembaharuan aplikasi hingga mencapai hasil yang diharapkan oleh pengguna, sehingga metode ini adalah yang paling tepat untuk digunakan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah program aplikasi Android yang dapat membantu wisatawan atau pengunjung dalam bentuk bantuan navigasi lokasi dan wahana di dalam kebun binatang dan menampilkan informasi tambahan pada satwa-satwa yang ada di dalam Kebun Binatang Bandung.