Strategi Pemasaran Online Berbasis Aplikasi Pada Kost Di Wilayah Pasundan Bandung
Penulis |
---|
Dosen:
|
Tanggal Terbit |
21 Februari 2023 |
Kategori |
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 5] |
Penerbit |
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) |
Kota / Negara |
Medan / Indonesia |
Volume |
Vol 2 No 2 |
Halaman |
1634-1642 |
E-ISSN |
2745 4053 |
URL |
https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/652 |
Abstrak |
Pemasaran online atau sering disebut juga digital marketing merupakan bentuk pemasaran yang paling popular digunakan saat ini oleh semua pelaku usaha. Karena dengan bantuan teknologi tersebut akan memudahkan pelaku usaha untuk memasarkan usahanya tanpa batasan ruang dan waktu dan dapat menjangkau bayak calon pelanggan di beragai wilayah di Indonesia. Hal tersebut berlaku juga bagi usaha sewa kost. Sehingga tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi dan praktek pembuatan akun platform media social dan website kepada mitra untuk mengembangkan usaha sewa kost. Metode yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, studi literatur, sosialisasi, pelatihan, monitoring dan evaluasi. Sebelumnya dilakukan terlebih dahulu analisis pasar dengan menggunakan STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) agar bisa mengetahui bentuk pemasaran online yang tepat. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya kepada mitra mengalami perubahan dari beberapa aspek meliputi pengetahuan tentang pembuatan akun media sosial yang terdiri dari Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok dan Email kemudian Website. Selanjutnya akun sosial media dan web mitra sudah banyak dikunjungi calon pelanggan. Dan Kosan sudah terisi penuh. |