Fakultas Teknologi Informasi

Strategi Pemasaran Online Berbasis Aplikasi Pada Kost Di Wilayah Pasundan Bandung

Penulis
Dosen:
  1. RIRIS ROISAH
  2. ADI SUPARWO
  3. ANI SOLIHAT
  4. FITRIYANI
Tanggal Terbit
21 Februari 2023
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 5]
Penerbit
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN)
Kota / Negara
Medan / Indonesia
Volume
Vol 2 No 2
Halaman
1634-1642
E-ISSN
2745 4053
URL
https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/652
Abstrak
Pemasaran online atau sering disebut juga digital marketing merupakan bentuk pemasaran
yang paling popular digunakan saat ini oleh semua pelaku usaha. Karena dengan bantuan
teknologi tersebut akan memudahkan pelaku usaha untuk memasarkan usahanya tanpa
batasan ruang dan waktu dan dapat menjangkau bayak calon pelanggan di beragai wilayah
di Indonesia. Hal tersebut berlaku juga bagi usaha sewa kost. Sehingga tujuan pengabdian
ini adalah untuk memberikan edukasi dan praktek pembuatan akun platform media social
dan website kepada mitra untuk mengembangkan usaha sewa kost. Metode yang digunakan
adalah observasi, dokumentasi, studi literatur, sosialisasi, pelatihan, monitoring dan
evaluasi. Sebelumnya dilakukan terlebih dahulu analisis pasar dengan menggunakan STP
(Segmenting, Targeting dan Positioning) agar bisa mengetahui bentuk pemasaran online
yang tepat. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya kepada mitra
mengalami perubahan dari beberapa aspek meliputi pengetahuan tentang pembuatan akun
media sosial yang terdiri dari Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok dan Email kemudian
Website. Selanjutnya akun sosial media dan web mitra sudah banyak dikunjungi calon
pelanggan. Dan Kosan sudah terisi penuh.