Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa SMA dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Peluang
Penulis |
---|
Dosen:
Eksternal:
|
Tanggal Terbit |
01 November 2022 |
Kategori |
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4] |
Penerbit |
JURNAL PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF (JPMI) |
Kota / Negara |
BANDUNG / INDONESIA |
Volume |
5 |
Halaman |
1675-1688 |
ISSN |
ISSN 2614-221X (print) |
E-ISSN |
ISSN 2614-2155 (online) |
E-ISBN |
DOI 10.22460/jpmi.v5i6.1675-1688 |
URL |
https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/11687 |
Abstrak |
Kemampuan berpikir kreatif dan belajar mandiri siswa sangat penting dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan belajar mandiri, seperti model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan model CTL menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XII IPS 1 SMA Pasundan 7 Bandung dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu data kuantitatif dengan instrument tes dan data kualitatif dengan instrument angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dalam matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian siswa kelas XII IPS 1 SMA Pasundan 7 Bandung. Siswa model CTL mengungguli siswa konvensional dalam hal kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar matematis. Ada keterkaitan antara kemandirian belajar matematika siswa dengan kemampuan berpikir kreatifnya. |