Penulis
|
Dosen:
-
RICKY FIRMANSYAH
|
Tanggal Terbit
|
07 Maret 2023 |
Kategori
|
Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi [Lainnya] |
Penerbit
|
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional |
Kota / Negara
|
Bandar Lampung / Indonesia |
Volume
|
Vol 4 No 2 |
Halaman
|
1-7 |
ISSN
|
2720-9091 |
E-ISSN
|
2715-9647 |
E-ISBN
|
http://dx.doi.org/10.23960/jpvti.v4.i2.202201 |
URL
|
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPVTI/article/view/25749 |
Abstrak
|
Penelitian dalam artikel jurnal ini bertujuan untuk menganalisis peran Learning Management System dalam mendukung model pembelajaran Blended learning. Metode penelitian pada artikel jurnal ini menggunakan studi pustaka yaitu dengan mengumpulkan data atau sumber yang memiliki keterkaitan dengan topik atau masalah yang diangkat, dalam penelitian ini menggunakan jurnal nasional, dan buku-buku yang memiliki keterkaitan dengan fokus pembahasan. Hasil yang peneliti temukan dari beberapa jurnal tersebut menunjukkan bahwa Learning Management System merupakan salah satu kunci keberhasilan atau kemajuan dalam sistem pendidikan Indonesia. Pemilihan model pembelajaran merupakan salah satu komponen penting yang dapat mempengaruhi efektifitas proses pembelajaran serta kualitas dan hasil pembelajaran. Model blended learning diketahui mampu mengatasi berbagai keterbatasan yang terkait dengan pembelajaran online dan pengajaran tatap muka. Banyak faktor yang terjadi, mulai dari penyajian materi sesuai tingkatan, sumber data yang lengkap, media dengan fitur-fitur yang melengkapi kebutuhan sebuah proses pembelajaran. Namun, rata-rata siswa di Indonesia masih perlu mengenal Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran. Dan dapat disimpulkan bahwa peran LMS sangat penting bagi model pembelajaran Blended Learning agar sistem pendidikan Indonesia yang semakin berkembang dan maju dapat menentukan peserta didik atau generasi muda yang semakin baik untuk kualitas bangsa yang semakin maju. |