MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING
Penulis |
---|
Dosen:
Eksternal:
|
Tanggal Terbit |
11 Juli 2023 |
Kategori |
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 3] |
Penerbit |
JURNAL PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF (JPMI) |
Kota / Negara |
BANDUNG / INDONESIA |
Volume |
6 |
Halaman |
1449-1460 |
ISSN |
ISSN 2614-221X |
E-ISSN |
ISSN 2614-2155 |
E-ISBN |
DOI 10.22460/jpmi.v6i4.17895 |
URL |
https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/17895 |
Abstrak |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dalam meningkatkan kompetensi matematika strategis dan belajar mandiri siswa SMA dibandingkan dengan metode discovery learning. Metode eksperimen diperoleh metode TAPPS yang terdiri dari 31 siswa kelas X IPA 2 dan 31 siswa kelas X IPA 1 mendapatkan metode Discovery Learning. Analisis data meliputi statistik deskriptif, Uji Mann Whitney dan analisis konten dalam metode Thinking Aloud Pair Problem Solving serta skala sikap kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan metode TAPPS mengalami peningkatan kompetensi matematika strategis dan kemandirian belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang mendapatkan metode Discovery Learning. Metode TAPPS mendorong pemikiran kritis, kreativitas, dan partisipasi aktif dalam diskusi kelompok, meningkatkan kepercayaan diri dalam memecahkan masalah matematika. |