Fakultas Teknologi Informasi

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING

Penulis
Dosen:
  1. Silvia Ratnasari
Eksternal:
  1. ANTON NASRULLAH
  2. Widya Dwiyanti
  3. Sarah Caesarani
  4. Ilfa Febriana
Tanggal Terbit
11 Juli 2023
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 3]
Penerbit
JURNAL PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF (JPMI)
Kota / Negara
BANDUNG / INDONESIA
Volume
6
Halaman
1449-1460
ISSN
ISSN 2614-221X
E-ISSN
ISSN 2614-2155
E-ISBN
DOI 10.22460/jpmi.v6i4.17895
URL
https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/17895
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode Thinking Aloud
Pair Problem Solving (TAPPS) dalam meningkatkan kompetensi matematika
strategis dan belajar mandiri siswa SMA dibandingkan dengan metode
discovery learning. Metode eksperimen diperoleh metode TAPPS yang terdiri
dari 31 siswa kelas X IPA 2 dan 31 siswa kelas X IPA 1 mendapatkan metode
Discovery Learning. Analisis data meliputi statistik deskriptif, Uji Mann
Whitney dan analisis konten dalam metode Thinking Aloud Pair Problem
Solving serta skala sikap kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa siswa yang mendapatkan metode TAPPS mengalami peningkatan
kompetensi matematika strategis dan kemandirian belajar yang lebih baik
dibandingkan siswa yang mendapatkan metode Discovery Learning. Metode
TAPPS mendorong pemikiran kritis, kreativitas, dan partisipasi aktif dalam
diskusi kelompok, meningkatkan kepercayaan diri dalam memecahkan masalah
matematika.