Penulis
|
Dosen:
-
Silvia Ratnasari
Eksternal:
-
CAHYANI RAMADANNIA
-
ANTON NASRULLAH
-
NOVI YENDRA
-
SRI SUKMAWATI
|
Tanggal Terbit
|
24 Januari 2024 |
Kategori
|
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 3] |
Penerbit
|
JURNAL PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF (JPMI) |
Kota / Negara
|
BANDUNG / INDONESIA |
Volume
|
7 |
Halaman
|
261-272 |
ISSN
|
ISSN 2614-221X (print) |
E-ISSN
|
ISSN 2614-2155 (online) |
E-ISBN
|
DOI 10.22460/jpmi.v7i1.21497 |
DOI
|
DOI 10.22460/jpmi.v7i1.21497 |
URL
|
https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/21497 |
Abstrak
|
Penelitian ini menyelidiki bagaimana keterlibatan dan kemampuan siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika dengan memasukkan GeoGebra dalam pendekatan Numbered Head Together (NHT). Aplikasi matematika dinamis bernama GeoGebra dan pembelajaran NHT diperkirakan menawarkan untuk meningkatkan pemecahan masalah dan keaktifan belajar. Penelitian ini menggunakan quasi-experimental dengan equivalent control group design siswa SMP Negeri di Kota Cilegon. Angket dan ujian kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan intrumen penelitian yang digunakan. Teknik analisis yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), uji hipotesis (uji t independen) dan presentase angket aktivitas belajar. Hasil analisis data menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik antara kelompok kontrol dan eksperimen yang menggunakan GeoGebra pada pembelajaran NHT dan keterlibatan siswa. Rekomendasi penelitian hasil penelitian adalah mendorong kepada guru untuk mengintegrasi perangkat lunak dinamis dalam persiapan dan pelaksanaan pengajaran menggunakan GeoGebra.
|