Media pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam proses belajar mengajar, karena membuat penyampaian materi dalam proses pembelajaran menjadi lebih mudah. Salah satu contoh dari media pembelajaran adalah multimedia interaktif yang berbasis literasi sains. Fokus utama dalam kajian literasi sains adalah pemahaman sains yang meliputi pemahaman terhadap alam melalui penguasaan ilmu dasar sains seperti kimia, biologi dan fisika. Sehingga multimedia interaktif yang berdasarkan literasi sains sangat cocok dalam pembelajaran sains. Dalam jurnal ini dikemukakan tentang media pembelajaran interaktif berupa video interaktif materi biologi SMA berdasarkan konteks padi. Dalam jurnal ini dikemukakan konten materi biologi SMA apa saja yang sesuai dengan konteks padi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode waterfall atau air terjun. Dimana setelah penulis menganalisis konten materi biologi SMA yang sesuai dengan konteks padi, kemudian diterapkan pada multimedia interaktif yang dibuat, dan melakukan pengujian multimedia interaktif tersebut terhadap siswa SMA. Setelah dilakukan usability test, didapatkan hasil bahwa multimedia interaktif yang dibuat dapat dierima dengan baik dan menarik minat sebagian besar siswa SMA yang menjadi koresponden.
Kata Kunci:
Literasi Sains, Media Pembelajaran, Metode Waterfall, Multimedia Interaktif
Penulis | : Siti Auliaddina, Adiva Arini Puteri, Ricky Firmansyah, Sandra Armayanti, Fanny Permata Nur Iman, Amelia Septiani, Nahdayanti Supa |
---|---|
Tanggal Terbit | : 13 Agustus 2020 |
Sumber Dana | : |
Kategori | : Jurnal Tidak Terakreditasi |
Tahun | : 2020 |
Volume | : 10 |
Halaman | : 126-138 |
Penerbit | : |
Reputasi | : Tidak Terakreditasi |
Kota | : |
Negara | : |
ISSN | : |
e-ISSN | : |
ISBN | : |
e-ISBN | : |
DOI | : |
URL | : https://doi.org/10.37859/jf.v10i2.2065 |
Cover | |
![]() |
Konsentrasi:
Konsentrasi: